Saturday, April 12, 2014

Obat Bersin-Bersin Terus


Mengobati Bersin-Bersin Terus

Bersin-bersin merupakan refleks atau rangsangan normal yang terjadi akibat dari respon tubuh terhadap iritan/gangguan yang masuk kedalam hidung. Bersin-bersin bisa juga merupakan keadaan yang disebabkan virus penyebab penyakit flu atau pilek.

Lalu bagaimana jika bersin-bersinnya terjadi secara terus menerus?

Jika Anda sering bersin-bersin terus dan bukan karena penyakit flu karena bersin-bersinnya terjadi sepanjang tahun, maka anda kemungkinan Anda sedang menderita gejala Rhinitis. Rhinitis yaitu keadaan dimana seseorang mudah sekali bersin-bersin jika terpicu oleh alergen-alergen tertentu.

Sebagai contohnya saya dulu pernah mengalami alergi dingin, dan sering kali bersin-bersin terus hampir setiap pagi setelah bangun tidur. Setiap saya terkena udara dingin atau air dingin saya suka langsung bersin-bersin, hidung mengeluarkan ingus, hidung mampet, hidung sedikit gatal dan mata sdikit gatal/perih dan berair. 

Bahkan kalau kondisi tubuh saya sedang parah, menginjak lantai dingin pun saya langsung bersin-bersin, namun hal tersebut tidak terjadi setiap saat dan sulit di prediksi.

Penyebab Bersin-Bersin Terus

Penyebab bersin-bersin terus yang paling umum terjadi adalah faktor Rhinitis Alergi, penyebab bersin-bersin pun bisa berbeda-beda pada tiap orang, ada yang musiman (seadonal rhinitis) dan ada juga yang menahun (perennial rhinitis).

Rhinitis alergi musiman biasanya terjadi pada beberapa waktu tertentu saja misalnya pada saat musim dimana banyak tanaman berbunga sedang mengeluarkan serbuk sari, atau juga bisa karena spora jamur yang terbawa angin, dan lain-lain. Pada beberapa kasus ada juga orang yang bersin-bersin karena faktor makanan tertentu.

Sedangkan untuk Rhinitis alergi menahun biasanya disebabkan oleh alergen-alergen seperti bulu hewan, debu, udara kering (akibat AC), suhu dingin, perubahan cuaca, bau yang menyengat, dan lain-lain.

Karakteristik dari rhinitis alergi ini biasanya yaitu sering bersin-bersin terus di pagi hari saat bangun tidur. Pada kasus yang lebih parah bersin-bersin juga sering terjadi saat malam hari, tergantung dari bagaimana gaya hidup si penderita (gaya hidup yang buruk).

Pencegahan yang paling umum dari rhinitis yaitu dengan cara menghindari penyebab bersin-bersin, misalnya jika Anda sering bersin-bersin jika terpapar sesuatu yang dingin, maka Anda harus menghindarinya dengan memakai baju hangat. Jika Anda alergi terhadap bau sabun, maka Anda bisa menghindari mencium bau sabun tersebut, dan sebagainya.

Sedangkan penggunaan obat-obatan yang paling umum untuk meringankan gejala rhinitis biasanya yaitu:
  • Antihistamine nasal sprays (Obat histamin yang disemprotkan ke hidung)
  • Obat tablet atau obat cair Antihistamine
  • Steroid nasal sprays
  • Sodium cromoglicate nasal spray
  • Decongestant nasal sprays
  • Antihistamine eye drops

Pada kasus yang lebih kronis biasanya juga dilakukan pengobatan dengan cara Immunotherapy (desensitisation).

Beberapa obat-obatan seperti obat antihistamin dan nasal spray sudah pernah saya coba, namun hasilnya kurang memuaskan. Karena ketika obata-obatan sudah habis, bersin-bersin sering datang kembali.

Adapun dulu saya pernah mencoba mengikuti panduan yang ada dalam ebook mengatasi bersin yang saya beli di situs mengatasibersin.com dan hasilnya cukup memuaskan. Dalam ebook tersebut terdapat panduan langkah demi langkah cara mengatasi bersin-bersin terus secara alami tanpa menggunakan obat-obatan kimia.

Setelah saya mengikuti panduan yang ada dalam ebook mengatasi bersin tersebut secara teratur, Alhamdulillah kini setiap bangun tidur saya jadi tidak sering bersin-bersin lagi dan lebih kebal terhadap serangan udara dingin.

2 comments:

  1. Obat yang alami memang lebih baik dan lebih aman.
    Terima kasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  2. Bersin berulang-ulang benar-benar menyiksa aktivitas saya.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar.

Komentar

Bersin-Bersin